YGiCwiU3ndYJmFAfboG3UG2Y6Nc10GBCEdMUxkQo
Bookmark

TIPS : Melamar Kerja Online Via Email

Sekarang ini melamar kerja tidak hanya kirim berkas fisik saja, namun ada juga perusahaan yang membuka lowongan kerja dan melamarnya dengan cara melalui website perusahaan tersebut, tetapi tidak semua perusahaan mempunyai website, karena terbentur biaya yang mahal untuk pembuatannya.
Tips Melamar Kerja Online Via Email
Ada juga perusahaan yang memanfaatkan penyedia email gratis seperti gmail/ yahoo, kali ini saya akan berbagi sedikit tips dalam mengirim lamaran via email, simak dan baca secara keseluruhan ya :
  1. Usahakan email dan nama anda formal, berikut contoh email yang tidak formal andin.cantik@gmail.com lebih baik seperti ini andin@gmail.com, sudah terlanjur punya yang tidak formal? Bikin lagi aja khusus buat melamar kerja free kok.
  2. Usahakan menulis subjek email sesuai instruksi perusahaan jika tidak ada instruksi khusus minimal yang jelas, misal Subjek : Posisi Yang Dilamar_Nama contoh penulisannya seperti ini Marketing Online_Andin
  3. Biasanya dalam mengirim lamaran juga harus dilampiri scan/foto berkas-berkas yang diminta seperti Surat Lamaran, Curiculum Vitae, Ijazah Terakhir, Transkip Nilai, Sertifikat Pendukung (Jika Ada), dll. Berkas-berkas tersebut biasanya harus dijadikan 1 dalam file .pdf dan ada ketentuan ukuran maksimal (jangan melebihi ukuran maksimal) file .pdf tersebut, disarankan agar penataan halaman dalam file .pdf sesuai dengan urutan berkas diatas/dapat menyesuaikan urutan persyaratan dari perusahaan.
  4. Penamaan file .pdf diatas juga tidak kalah penting, minimal nama file disamakan dengan subjek email.
  5. Menjadikan beberapa berkas yang di persyaratkan menjadi file .pdf mempermudah hrd dalam melakukan seleksi atau melihat berkas-berkas yang diminta.
  6. Selanjutnya dalam mengirim berkas lamaran via email paling tidak harus diberi kata-kata pengantar contohnya seperti "Dengan hormat, sesuai dengan informasi yang saya baca dari www.kuduskerja.id saya bermaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut, Bersama ini saya lampirkan scan berkas-berkas yang disyaratkan pada lowongan tersebut, Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih."
  7. Jangan lupa mencantumkan nomor handphone (jangan hanya nomor WA) dalam surat lamaran anda, itu sangat penting jika pihak HRD akan menghubungi anda secara langsung.
  8. Tidak menutup kemungkinan perusahaan-perusahaan masa kini juga meminta untuk mencantumkan alamat media sosial dalam persyaratannya, hal tersebut diperuntukkan dalam menilai pribadi seseorang dilihat dari cara penggunaan media sosialnya.
Itulah sedidkit tips-tips dari saya, semoga dapat membantu rekan-rekan pencari kerja.
Posting Komentar

Posting Komentar